Sabtu, 16 November 2013

Workshop TIK Pesantren 2013 part 2

Alhamdulillah saya diberikan kesempatan mewakili lembaga kami Ponpes. Nurul Ulum Malang untuk mengikuti Workshop TIK Pesantren se-Kota Malang dalam materi pembuatan website di Pondok Pesantren Darut Ta'lim wa Da'wah lil Habib Alwy bin Salim Alaydrus, Bumiayu Malang.
Acara dibuka pada pukul 09.00 dengan diawali sambutan oleh wakil Majelis Muwasholah dan UPN Surabaya dalam hal ini diwakili oleh Gus Novi Puji Raharjo, S.Kom, perwakilan Telkomsel Malang, Pandi dan Aswaja IT.
Materi pertama disampaikan oleh mas Muhammad Rofiudin, S.Kom (salah satu Relawan TIK dan tim TIK cerdas). Beliau menjelaskan seberapa banyak pemanfaatan media internet di masyarakat khususnya bagi santri dan pondok pesantren.

Materi Kedua disampaikan oleh bapak Sigit Widodo, ST, M.Si Ketua Pandi (pengelola nama domain Indonesia) dan dosen di beberapa kampus di Jakarta. Pandi sendiri merupakan organisasi nirlaba yang terbentuk sejak Desember 2009. Beliau menjelaskan apa itu domain, sejarahnya, bagaimana di Indonesia khususnya dan lain sebagainya. Beliau juga menjalaskan akan pentingnya domain .id bukan domain international, seperti mudahnya pengontrolan, transparan, untuk menghindarkan dari hal-hal yang negatif dan terhindarkan dari penipuan.
Materi Ketiga, disampaikan oleh Habib Hasan al Haddad (direktur Taklim.net) tentang gerakan Aswaja IT Center, sebuah komunitas anak muda yang mempunyai semangat dakwah di dunia maya. Tujuannya adalah membentuk relawan-relawan dalam berdakwah di dunia maya seperti pembuatan website, streaming dan lain sebagainya. Beberapa produknya adalah Kyai Jawab, media audio majelis taklim seperti youtube Taklim.net, Appstore kyai jawab beserta widgetnya, server audio streaming sendiri, radio streaming, server hosting untuk pesantren. Yang belum terlaksana seperti digitalisasi kitab-kitab Ahlu sunnah wal Jama'ah, mengumpulkan video ceramah ulama aswaja.
Sesi materi dilanjutkan besok hari Ahad tentang kegiatan inti yaitu materi video/radio Streaming dan pembuatan web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar