Jumat, 16 Maret 2012

CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR SECARA EFISIEN


CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR SECARA EFISIEN

TUJUAN
Umum       : Siswa mampu belajar optimal.
Khusus      : Siswa mampu mengembangkan diri sikap dan kebiasaan belajar yang baik untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan serta menyiapkan untuk melanjutkn pendidikan pada tingkat yang tinggi.

Pendahuluan
T
ugas utama pelajar adalah belajar. Kegiatan belajar dapat dilakukan di sekolah, di rumah serta dimana saja dan kapanpun juga. Waktu untuk kegiatan belajar di sekolah yaitu kurang lebih tujuh jam sehari. Sementara itu, belajar untuk di rumah ditentukan oleh masing-masing orang yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Penggunaan waktu belajar secara efisien dapat meningkatkan keberhasilan belajar sesorang. Oleh karena itu, setiap siswa sebaiknya dapat mengatur waktu belajarnya secara efisien.

Pembahasan

1.      petunjuk menyusun waktu belajar secara efisien:
  1. Susunlah daftar kegiatan belajar Anda. Anda dapat menentukan kegiatan-kegiatan yang akan anda lakukan pada hari itu. Kegiatan tersebut mencakup kegiatan sekolah pada hari itu terutama tugas-tugas yang harus diselesaikan di rumah dan kegiatn belajar lainnya. Jenis kegiatan belajar di rumah mencakup kegiatan mengerjakan tugas sekolah dan kegiatan belajar di rumah (mempelajari buku paket, menghafal buku pelajaran, mengerjakan pekerjaan rumah, memindah catatan, membuat ringkasan bahan pelajaran, mempersiapkan diri menghadapi ulangan).
  2. Menetapkan waktu belajar. Masing-masing individu memiliki kebiasaan belajar yang berbeda. Ada individu yang biasa belajar dengan baik pada sore hari, ada yang malam hari dan ada yang pagi hari. Dengan menetapkan waktu belajar tertentu sesuai dengan kondisi masing-masing individu, akan terbentuk kebiasaan belajar yang baik.
  3. Bertanyalah pada diri sendiri tentang pelajaran yang sukar dan mudah. Masing-masing orang berbeda dalam menentukan pelajaran yang mudah. Ada yang menganggap pelajaran matematika lebih sukar dari pelajaran bahasa inggris. Pelajari lebih dahulu yang anda anggap sukar, dan pelajari sampai anda betul-betul menguasainya.
  4. Berilah waktu yang cukup untuk setiap mata pelajaran.
  5. Buatlah satuan belajar selama satu jam. Anda dapat melakukan selingan makan-makan kecil, mendengarkan musik atau melakukan gerakan kecil untuk meluruskan kaki sehingga badan tetap segar dan tidak mudah lelah.
  6. Ulangilah pelajaran yang baru diberikan dikelas. Bacalah kembali pelajaran tersebut sebelum ana menghadapi pelajaran berikutnya.
  7. Jangan menyia-nyiakan waktu luang. Misalnya ada guru yang berhalangan hadir, atau pelajaran selesai sebelum waktunya. Gunakan waktu luang itu untuk belajar diskusi atau membaca.
  8. Gantilah waktu belajar yang hilang. Anda harus mengganti waktu belajar yang hilang karena anda melakukan kegiatan lain saat anda harus belajar.
2.      Menyusun jadwal belajar
  1. Catatlah semua pelajaran yang sudah pasti. Kegiatan ini meliputi kegiatan rutin diluar belajar, seperti diniyah, makan, mandi, kegiatan belajar di sekolah, kegiatan keagamaan, kegiatan mengembangkan bakat, kegiatan les tambahan dan istirahat.
  2. Menentukan waktu untuk tidur. Sebaiknya anda menyediakan waktu antara enam sampai delapan jam untuk tidur. Jika anda tidak ada kegiatan pada siang hari, anda bias tidur siang selama satu jam.
  3. Menentukan waktu makan, mandi, berpakaian, berhias dll
  4. Menentukan waktu belajar kurng lebih dua jam
  5. Menentukan waktu untuk kegiatan lain seperti menonton TV, mengembangkan hobi, rekreasi kurang lebih dua jam.
  6. Gunakan hari Jumat/libur untuk kegiatan selain belajar.
CONTOH JADWAL KEGIATAN

Waktu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Minggu
6-7.30
Piket/belajar, mandi, makan dan berangkat ngaji
7-10
######
######
######
######
@@@
#####
#####
10-12.30
Piket, belajar, les, istirahat (tidur) mandi, makan, sholat, berangkat sekolah
12.30-17
######
######
######
######
@@@
#####
#####
17-18
@@@
@@@
@@@
@@@
@@@
@@
@@@
18-20.30
Rutinitas ma'had
20.30-22.30
Belajar
Belajar
Belajar
Belajar
Belajar
Belajar
Belajar
22.30 – 2.30
Wajib tidur
Wajib tidur
Wajib tidur
Wajib tidur
Wajib tidur
Wajib tidur
Wajib tidur
2.30-6
Rutinitas ma'had
Keterangan:
#####              : Waktu untuk belajar disekolah
@@@             : Waktu bebas untuk melakukan macam-macam kegiatan olahraga, istirahat, nonton dan sebagainya
….Belajar        : Belajar disini mencakup kegiatan mengerjakan PR, mengulang pelajaran hari ini, dan mempersiapkan pelajaran untuk esok hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar