Dalam pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran bahasa Arab diperlukan metode-metode yang tepat dalam PBM. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Permainan Bahasa. Permainan bahasa digunakan agar peserta didik menjadi aktif sehingga PBM menjadi hidup dan tidak membosankan.
berikut ini contoh beberapa metode pemainan bahasa untuk keterampilan berbicara, semoga membantu.
Set up :
Kelompok
Waktu :
30 – 45 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Materi :
Kertas dan bolpin
Deskripsi
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian tiap
kelompok diberi lembaran kertas yang berisikan kosakata-kosakata pada tempat
tertentu. Selanjutnya tugas tiap kelompok adalah mencari (minimal 5 kosakata) kosakata-kosakata
baru yang tidak ada pada kertas tersebut. Sesudah waktu yang diberikan usai,
tiap kelompok mengutus salah satu siswa untuk mempresentasikan temuannya
didepan. Tiap anggota kelompok harus hafal dengan kosakata baru yang sudah
ditemukan.
Tujuan
Melatih
siswa untuk aktif mencari dan mencatat serta menghafalkan kosakata-kosakata
baru yang sudah ditemukan
2. Siapa saya? Apa ini?
Set up :
Kelompok
Waktu :
15 – 20 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Deskripsi
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian dari
tiap kelompok mengutus salah satu anggotanya untuk maju ke depan. Guru
memberikan kosakata - yang sudah dipelajari oleh seluruh siswa sebelumnya – dan
siswa tersebut memperagakan kosakata tersebut di depan seluruh siswa. Tugas
dari kelompoknya adalah menebak kosakata tersebut, dan jika tidak berhasil maka
kelompok lain boleh untuk menebaknya. Bagi kelompok yang berhasil mendapatkan
nilai.
Tujuan
Melatih siswa untuk memahami lebih mendalam tentang
kosakata yang telah dipelajarinya.
3. Chain reaction
Set up :
Kelompok
Waktu :
30 – 45 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Deskripsi
Guru memerintahkan seluruh siswa untuk membentuk
lingkaran. Kemudian guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan kosakata,
dan siswa di sampingnya menyebutkan kosakata yang diawali dengan huruf akhir
dari kosakata yang diucapkan oleh siswa pertama, begitu seterusnya. Bagi siswa
yang gagal maka ia keluar dari lingkaran dan siswa yang berdiri di samping
siswa yang gagal memulai dengan kosakata bebas, begitu seterusnya hingga hanya
tersisa satu siswa saja sebagai pemenang.
Tujuan
Mengetahui kemampuan kosakata siswa serta
kosakata-kosakata yang biasa digunakan oleh siswa.
Set up :
Kelompok
Waktu :
15 – 20 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Deskripsi
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian dari tiap kelompok mengutus
salah satu anggotanya untuk maju ke depan. Guru menulis kosakata di papan tulis
dan siswa yang maju di depan menghadap ke siswa atau membelakangi papan tulis.
Selanjutnya siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada teman-temannya
dengan 10 pertanyaan saja yang hanya dijawab oelh mereka dengan 'ya atau tidak'
saja. Sesudah ia bertanya dengan 10 pertanyaan, ia kemudian menebak apa yang
tertulis di papan tulis tersebut. Jika benar, guru hendaknya memuji siswa
tersebut, jika salah berilah hukuman yang menyenangkan atau menghibur, seperti
menyanyi atau berjoget.
Set up :
Individu
Waktu :
20 – 30 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Materi : Kertas dan bolpin
Guru membagikan kepada tiap siswa sebuah kertas yang
berisi kotak-kotak yang bertuliskan sesuatu pada tiap kotaknya. Selanjutnya
guru memerintahkan kepada tiap siswa untuk mengisi tiap kotak dengan cara
bertanya kepada teman lainnya yang sesuai dengna tulisan yang tertera pada tiap
kotak tersebut. Jika sesuai maka siswa yang bertanya menulis nama temannya yang
sesuai dengan statemen dalam kotak tersebut dan meminta untuk menandatanganinya
juga. Bagi tiap kotak hanya untuk satu siswa. Setelah selesai, review bersama.
Set up :
Kelompok
Waktu :
15 – 20 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Bentuk kelompok. Guru memulai permainan ini bertanya pada
siswa 'apakah kamu suka…? / apakah dia sukaatau tidak suka ….?. sebelumnya guru
menggambar tabel di papan tulis yang berisi nama siswa dan sesuatu yang disukai
atau tidak disukai oleh para siswa. Sesudah tabel tersebut terisi, guru
menyuruh salah satu siswa untuk menceritan tentang si A perkara apa yang
disukai atau tidak/ apa perbedaan antara si A dan si B/ apa persamaan antara si
C dan si D. Selanjutnya para siswa diperintahkan untuk melaksanakannya secara
berkelompok.
Set up :
Bersama-sama
Waktu :
15 – 20 menit
Tempat :
Di dalam/ di luar kelas
Guru
memulai dengan memberikan perumpamaan kepada para siswa, 10 benda apa saja yang
akan mereka bawa jika mereka bepergian ke gunung. Selanjutnya pasangkan para
murid menjadi dua-dua untuk memutuskan 10 benda apa saja yang penting dibawa.
Selanjutnya pasangkan empat-empat, kemudian delapan-delapan begitu seterusnya
hingga akhirnya tinggal menjadi menjadi 2 kelompok. Akhirnya semua kelas
sepakat dengan 10 benda yang akan mereka bawa. (dialognya harus bahasa Arab).
wau bagus... bisa dipakai buat anak"... trims
BalasHapusmonggo, matur nuwun sampun mampir
BalasHapus