Selasa, 20 Maret 2012

Khutbah Jum'at di bulan Syawwal


الحمد لله الذي جعل في قلوب المسلمين بهجة و سرورا, وداعيا إلى الله بِإِذْنِهِ وسِراجا منيرا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الملك وله الحمد يحي ويميت وهو على كل شيء قدير. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المبعوث بالهدى و دين الحق ليظهره على الدين كله ولو كره المشركون. وِلُيحِقَّ الحقُّ وليُبْطِلَ الباطلَ ولو كره المجرمون. اللهم صل وسلم على نبيك ورسولك  سيدنا ومولنا محمد وعلى أله و أصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعده.

فيا أيها الحاضرون, أوصيكم ونفسي بتقوا الله, اتقوا الله, اتقوا الله حق تقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون.
فقد قال تعالى في كتابه الكريم, أعوذ بالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم, يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
و قال الله تعالى: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. أما بعد:

Hadirin jamaah sholat jum'at yang dimulyakan Allah
        Segala puji bagi Allah. Semoga rahmat dan salam dilimpahkan kepada nabi Muhammad SAW, yang barokahnya melimpah kepada kita semua. Semoga kasih dan sejahtera untuk para sahabat Nabi para pengikut dan para pecintanya hingga hari kiamat. Amin.
          Marilah kita senantiasa memelihara dan menambah takwa dan patuh kita kepada Allah SWT. Marilah kita syukuri segala nikmat yang senantiasa kita terima ini. Janganlah sekali-kali kita sengaja melupakan atau mengingkarinya. Dengan syukur yang tulus akan menambah kemantapan iman kita dan menambah nikmat itu melimpah kepada kita. Dengan mengingkari nikmat kita akan menjadi gelisah dan menjadikan kita kehilangan nikmat itu.
Semoga kita menjadi orang yang pandai dan suka bersyukur. Semoga kita senantiasa dikarunia dan ditambah nikmat oleh Allah. Semoga kehidupan kita dan keluarga kita selalu dalam keadaan baik di dunia hingga akhirat. Amin
Dalam menapaki kehidupan ini, siang telah berganti malam, malam merangkai siang, merangkul minggu, menjelang bulan, dan akhirnya menjadi tahun. Hal yang seperti ini akan berlanjut sampai akhir zaman menurut ketentuan Allah dan sunnatullah.
Yang demikina itu menjadi tanda dari kebesaran Allah dan kekuasaannya. Untuk itulah kepada kita sekalian diperintahkan untuk memikirkan sebaik mungkin. Kita pergunakan akal pikiran kita, kita buka pintu hati kita dengan meluangkan waktu untuk memperhatikan seraya mengambil hikmah dari kejadian alam ini.
Hadirin jamaah sholat jum'at yang rahimakumullah
 Moment 'idul fitri tahun ini marilah kita jadikan moment yang terbaik bagi diri kita untuk kembali fitri, kembali suci, dan kembali menjalankan ajaran Ilahi robbi dengan murni,
Bulan ini bangsa manusia didunia saling bersalaman dan memaafkan
Buln ini kita berbusana baru, indah dancemerlang.
Tetapi buln ini pula sebagian saudara kita di alam kubur berbusanz api yang mengerikan
Hari ini kita makan menu yang lezat dan bergizi
Diujung tanah sebagian mereka memakan duri
Hari ini kita menghias rumah dengan warna-warni
Hari ini mereka merintih sedih menunggu doa dari sanak family
Bulan yang bagus bagi manusia didunia untuk bertamasya
Bulan ini bagi manusia dialam barzah, hidup merana
Wahai jiwa yang masih punya waktu.
Andai kita dengar jeritanmu niscaya kita tak kan bisa senyum untuk selamanya
Andai aku lihat deritamu yang panjang niscaya aku takkan bisa tenang tidur diranjang
Wahai kawan!!ingat hari syetan telah bersumpah untuk menyeret kita dalam pelukannya mengajak pesta maksiyat
Ya Allah Ya Ghoffar
Dihari yang mulia ini bimbinglah hambamu yang lemah ini
Tunjukkan kami menuju jalan keridhoanMu
Ampuni kesalahan dan dosa2 kami
Ampunilah segala dosa ahli kubur kami
Dan jadikanlah tempatnya sbg taman surgawi
Agar tak ada nyanyian suka dalam duka
amiiin!!....amiiin!!!
Kita hars sadar hidup di dunia ini cuma sementara, bagaikan  singgah untuk minum guna mempersiapkan bekal bagi kehidupan yang abadi yang tiada ujung pangkalnya. PERTANYAANYA Sudah siapkah kita andai nanti setelah pulang sholat 'Id ini kita langsung mendapat giliran menghadap kehadirat Allah..
Hadirin Hadirot jamaah sholat jum'at yang berbahagia
Apabila dibulan romadlon barusan kita sudah bersungguh-sungguh dalam beribadah, kalau siang kita puasa, malamnya kita tadarrus Al-Qur'an dan sholat tarawih, Qiyamullail, selalu berbuat baik menyantuni fakir miskin dan anak-anak yatim dimana pahalanya dilipatgandakan oleh Allah dibulan Romadlon, dan akhirnya ditutup dengan zakat fitrah, maka Insya Allah pasti kita akan keluar dari Romadlon dengan jaminan:
غفر له ما تقدم من ذنبه وماتأخر
“Diampuni segala dosa yang pernah ia kerjakan”
          Tapi, para jamaah sekalian ada dosa yang otoritas pengampunanny` tidak pada Allah tapi pada manusia, Yakni dosa kita kepada Anak Adam,. Jika kita belum minta maaf pada yang bersangkutan tentunya Allah belum bisa memberikan ampunan. Taubat kepada sesama caranya adalah menyesalinya, berjanji tidak akan mengulangi, meninggalkan perbuatan itu lagi, meminta maaf dan mengganti rugi hak orang tersebut yang sudah kita ambil.
          Lantas kepada siapa saja kita harus meminta maaf pada hari yang fitri ini?
          Dalam sebuah riwayat diceritakan, terdapat tiga do'a malaikat jibril pada Allah yang minta diaminkan oleh Nabi Muhammad setelah solat id ftri , yaitu:
yang pertama:  " Ya Allah pada hari ini 1 Syawal, saya mohon, jangan engkau terima puasa dan ibadah anak yang durhaka kepada orang tuanya" , karena terdapat hadis nabi:

رضى الله في رضى الوالدين وسخط الله فى سخط الوالدين
Ridho Alloh terletak pada Ridhonya ortu dan murka Alloh terletak pada murka ortu

Yang kedua " Ya Allah pada hari ini saya mohon kepadamu jangan engkau terima puasa dan ibadah suami-istri yang  tidak saling memaafkan" karena pasutri itu bagaikan ikatan perjanjian yang kokoh, sebagaimana wahyu Alloh

وَكَيْفَ تَأْخُذُوْنَهُ وَقَدْ اَفْضَى بَعْضُكُمْ اِلَى بَعْضٍ وَاَخَذْنَ مِنْكُمْ مِيْثَا قًا غَلِيْظًا (النسأ : 21 )
"Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, pdhal sebagian kamu telah bergaul dgn yang lain sbg suami-istri. Dan mereka (istri2mu) tlh mengambil dari kami perjanjian yang kokoh (akad nikah).
Dan do'a yang terakhir " Ya Allah Atas Kebesaranmu saya mohon, hari ini  jangan engkau terima puasa dan ibadah seorang muslim yang tidak mau memaafkan saudaranya sesama Muslim."
Nabi menjawab: "AMIN….. untuk tiga permintaan Jibril diatas"
Dalam sebuah hadist menyatakan

لاَيُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبُّ لأَِخِيْهِ مَا يُحِبُّ ِلنَفْسِهِ
"Tidak sempurna iman seorg hamba sampai ia dpt mencintai saudaranya spt ia mencintai dirinya sendiri"       
Hadirin jamaah sholat jum'at yang dimulyakan Allah
          Tiga jalur maaf-memaafkan itulah yang harus kita jalani dalam menyongsong hari raya 'Idul fitri ini. Dengan demikian diharapkan dosa-dosa yang kita perbuat sesama manusia bisa terhapus. Sehingga tercipta kembali suasana kekeluargaan serta persaudaraan dan bisa lebih mengukuh eratkan rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama. Dan juga bisa menumbuhkan kembali suatu simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan baik antar teman, relasi, sanak saudara, keluarga, maupun dilingkungan. Hilang pula sifat curiga, iri, dengki, hasud, fitnah dan berganti menjadi suatu kehidupan yang saling asah, asih, dan asuh, sehingga mendapat rohmat dari Alloh SWT.
الله اكبر 3 ولله الحمد
 Hadirin jamaah sholat jum'at yang rahimakumullah
Sebagai penutup dari uraian panjang diatas marilah kita renungkan makna Al-Qur'an surat Al A'laa ayat 14-17:
قد أفلح من تزكى# وذكر اسم ربه فصلى# بل تؤثرون الحياة الدنيا# والأخرة خير وأبقى
Sungguh beruntung orang yang mensucikan dirinya (dengan beriman), dan dia sebut nama Tuhannya (berdzikir), lalu dia sembahyang. Tapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Sedangkan kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal."
          Untuk itu marilah kita jadikan 'Idul fitri kemaren benar-benar sebagai puncak pensucian diri. Kita jadikan 'Idul fitri ini betul-betul sebagai hari lahir kembali. Dan tak kalah pentingnya satu bulan Romadlon kemarin menjadikan bekal yang akan mewarnai kehidupan pada sebelas bulan berikutnya.
Akhirnya dari Romadlon ke Romadlon, dari 'Idul Fitri ke 'Idul Fitri lengkap dengan segala aktifitasnya yang menjadikan kita sampai ke ujung tertinggi perjalanan manusia yaitu taqwa kepada Allah sang Maha Pencipta. Kalau tidak, jika Romadlon dan 'Idul Fitri berlalu begitu saja tanpa bekas yang jelas, tanpa suatu yang berarti dalam kehidupan kita. JAWABANNYA TENTU DARI PEMBUKTIAN DIRI KITA SENDIRI, DENGAN HARAPAN BISA  LEBIH BAIK DARI HARI-HARI KEMARIN. amiiin

 أعوذبالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم. والعصر, إن الإنسان لفي........................
بارك الله لي ولكم في القران العظيم, ونفعني وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم, و جعلنا الله وإياكم من العائدين والفائزين والمقبولين والمغفورين, وأدخلنا وإياكم في زمرة عباده الصالحين, وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين.





 khutbah kedua


الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْ لاَ أَنْ هَدَانَا اللهُ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلىَ الظَّالِمِيْنَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, إِلَهُ اْلأَوَّلِيْنَ وَاْلآخِرِيْنَ وَهُوَ الْمَلِكُ الْقَهَّارُ, الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ, الْغَنِيُّ الْقَوِيُّ الْغَفَّارُ, الْقُدُّوْسُ السَّلاَم الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ ذُوا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, إله الأولين والأخرين. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, الصادق وعد الأمين.
فيا أيها الحاضرون, أوصيكم ونفسي بتقوا الله, اتقوا الله ولتنظر نفس ما قدمت لغد, واتقوا الله, إن الله خبير بما تعملون. أما عده.
قد قال تعالى في كتابه الكريم, أعوذ بالله من الشيطان الرجيم, بسم الله الرحمن الرحيم, يَا أَيًّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
 يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ, إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا.
 يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى أل سيدنا محمد, كما صليت على سيدنا إبراهيم  وعلى أل سيدنا إبراهيم. وبارك على سيدنا محمد وعلى أل سيدنا محمد, كما باركت على سيدنا إبراهيم  وعلى أل سيدنا إبراهيم. في العالمين إنك حميد مجيد.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءَ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ التُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى .
اَللَّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ الدِّيْنَ . اَللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلىَ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ.
 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا. اَللَّهُمَّ اغْفَرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ والمسلمات, والمؤمنين والمؤنات. الأحياء منهم والأموات. يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ وَآخِرُ دَعْوَانَا الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
عباد الله, إن الله يأمركم بالعدل والإحسان, وإيتاء ذي القربى و ينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسألوه من فضله يعطيكم ولذكر الله أكبر, والله يعلم ما تصنعون.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar