Minggu, 16 April 2017

Larangan Membenci Dan Menyakiti Ahlulbait

Larangan Membenci Dan Menyakiti Ahlulbait…

Banyak sekali ayat al-Qur’an dan hadits tentang la­rangan membenci ahlu bait Rasulullah ﷺ dan menyakiti mereka.
Oleh sebab itu, setiap muslim yang ingin menye­lamatkan imannya hendaklah berhati-hati, jangan sampai membenci salah seorang dari ahlu bait Rasulullah ﷺ sebab dapat membahayakan iman dan kehidupannya di akhirat, dan termasuk orang yang menyusahkan beliau ﷺ.
Para ulama menyebutkan hadits-hadits yang mene­rangkan, bahwa orang yang menyakiti ahli bait berarti menyakiti Nabi ﷺ dan barangsiapa yang menyakiti Nabi ﷺ maka sama dengan menyakiti Allah سبحانهوتعالى. dan ia berhak mendapat kutukan, siksaan, dan masuk dalam ancaman Allah سبحانهوتعالى sebagaimana dalam firman-Nya:
إن الذين يؤذون الله ورسوله لعنهم الله فى الدنيا والآخرة وأعد لهم عذابا اليما

“Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul­nya. Allah akan melaknatinya di dunia dan di akhirat, dan menyediakan baginya siksa yang menghinakan.”(QS. 33, al-Ahzab: 57)
وما كان لكم ان تؤذوا رسول الله
“Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah.”
(QS. 33, al-Ahzab: 53)
Di dalam hadits disebutkan:
إن النبي صلى الله عليه وسلم قال وهو على المنبر ما بال اقوام يؤذوننى فى نسبى وذوى رحمى الا من آذى نسبى وذوى رحمى فقد آذانى ومن آذانى فقد آذى الله تعالى.
Sesungguhnya Nabi ﷺ telah bersabda sedangkan beliau di atas mimbar: “Apa keadaan kaum yang menyakiti aku dalam nasab dan kerabatku. Ingat, barangsiapa yang menyakiti keturunanku dan orang-orang yang mempunyai hubungan denganku, berarti ia menyakiti aku, dan barangsiapa me­nyakiti aku, maka ia benar-benar menyakiti Allah Ta’ala.” (HR. at-Thabrani dan al-Baihaqi)
انا حرب لمن حاربهم وسلم لمن سالمهم
“Sesungguhnya saya memerangi orang-orang yang memerangi ahli bait saya, dan saya memberi jaminan selamat kepada orang-orang yang berdamai dengan ahli bait saya.”
(HR. at-Turmudzi, Ibnu Majah dan al-Hakim)
إن الله حرم الجنة على من ظلم اهل بيتى او قاتلهم او اعان عليهم او سبهم
“Sesungguhnya Allah melarang masuk surga terhadap orang yang menganiaya ahlu baitku, atau orang yang memerangi mereka, atau orang yang membantu orang yang memerangi mereka, atau orang yang memaki-maki mereka.” (HR. Imam Ahmad)
إن النبي صلى الله عليه و سلم قال لو ان رجلا صفن بين الركن والمقام و صلى وصام ثم مات وهو مبغض لأهل بيت محمد صلى الله عليه وسلم دخل النار
Sesungguhnya Nabi ﷺ bersabda: “Andaikata seorang laki-laki berdiri antara hajar aswad dan maqam Ibrahim me­lakukan sholat dan puasa, kemudian meninggal dunia sedangkan ia membenci ahlu bait Nabi Muhammad ﷺ , maka ia masuk neraka.” (HR at-Thabrani dan al-Hakim)
قال عليه الصلاة والسلام اشتد غضب الله على من آذانى فى عترتى
Rasulullah ﷺ telah
bersabda:
“Murka Allah سبحانهوتعالى menjadi sangat terhadap orang yang menyakiti aku tentang keluargaku.”(HR. Ad-Dailami)
Sumber : Tanya Jawab Akidah Ahlussunnah wal Jamaah Karya Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith Al-Alawi Al-Husaini
mudah-mudahan kita termasuk orang yang cinta kepada Nabi Muhammad ﷺ dan keturunannya dan para sahabatnya
agar kita juga termasuk orang yg dicintainya dan mendapatkan syafaat Nabi besar Muhammad ﷺ
Aamin Allahumma Aamin...
وَاللّهُ أعلَم بِالصَّوَاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar