Jumat, 25 April 2014

Ahlan... Bulan Rojab


Alhamdulillah, beberapa waktu yang akan datang kalo ndak salah tanggal 1 Mei 2014  (bisa malam kamis atau malam jumat) kita memasuki bulan Rojab salah satu bulan yang mulia dan salah satu bulan yang ndak bakalan tertolak doa'-doanya.
Biasannya amalan-amalan yang harus kita lakukan adalah:
1. Berdoa pada malam pertamanya
"Ada lima malam yg apabila berdo'a di dlm nya tidak akan di tolak yaitu: Malam pertama bulan Rajab, Malam Nisfu Sya'ban, Malam Jum'at, Malam hari Raya Idhul Fitri, Malam hari Raya Idhul Adha". (Hadits dari Abi Umamah - Aljami'us Shogir Imam Suyuthi RA)
2. banyak-banyak membaca istighfar
Memperbanyak membaca istighfar
"Barangsiapa yg memohon ampun kepada Allah di bulan Rajab pagi dan sore hari dgn mengangkat tangannya dan mengucapkan: 
اللَّهُمَّ اغْفرلي وَارْحَمْني وَتُبْ عَلَيَّ  

Allahummaghfirlii  warhamnii wa tub ‘alayya


Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, dan terimalah taubat ku" (dibaca 70 kali).
Maka kulitnya tidak akan tersentuh api neraka".

Kalo Amalan amalan di Bulan Rajab: Kitab Mukaasyafah Al-Quluub, Al-Imam Hujjatul Islam Abi Hamid bin Muhammad Al Ghozali
“Bersabda Rasulullah SAW : “ Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan rajab (isinya) lebih putih dari pada susu, dan lebih manis dari pada madu. Barangsiapa yang berpuasa sunnah satu hari pada bulan Rajab akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut.” (HR. Imam Baihaqi)
Adapun puasa sunnah pada bula Rajab banyak hadits-hadits Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk melakukannya karena mempunyai nilai pahala ganda.
Diriwayatkan oleh Tsauban bahwa ia pada suatu ketika berjalan bersama Rasul saw melewati suatu kuburan di mana Rasulullah saw berhenti sejenak dan menagis ter-sedu2. ” Kenapa enkau menangis ya Rasulullah?” tanya Tsauban, lalu Rasulullah bersabda : “Aku berdoa untuk mereka yang sedang disiksa kuburnya maka diringankanlah siksanya oleh Allah. Coba mereka berpuasa satu hari dan tidak tidur satu malam dalam bulan Rajab, mereka tidak akan disiksa dalam kuburnya.
Dan bulan Rajab adalah bulan taubah, seorang ulama’ ahli hadits Al-Imam Muhammad bin Abdullah Al Jardani Rohimahullah menerangkan dalam kitab hadits Misbahud-dholam bahwa : “Diterangkan dalam kitab-kitab
Allah yang terdahulu, orang yang membaca :
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ ×70
robbighfirli warhamni watub'alayya 70x

Dibaca 70 x setiap ba’da isya’ atau waktu pagi dan sore bulan Rajab,
“Orang tersebut akan terhindar dari siksaan api neraka (dosa-dosanya diampuni oleh Allah)”

AMALAN-AMALAN DI BULAN RAJAB
Di surga ada danau yang bernama Rajab. Airnya putih melebihi putihnya air susu, manis melebihi manisnya madu dan dinginnya melebihi salju. Barang siapa puasa sehari di bulan Rajab kelak Allah akan memberikan minuman daridanau Rajab. (Al-Hadits)
Dari Abi Hurairah berkata ; Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wassalama bersabda ; “ Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab Allah mencatatnya sebagaimana orang puasa 60 bulan”.
Dan ada awal hari bulan Rajab malaikat jibril turun kepada Nabi dengan risalah untuk isra’ bersama Nabi. Nabi bersabda “Ingat bulan Rajab adalah bulannya Allah, barang siapa puasa sehari dibulan Rajab dengan iman dan keikhlasan, maka akan mendapatkan keridhoan-Nya.”(Al-Hadits)
Barang siapa membaca
اَحْمَدْ رَسُولُ الله مُحَمَّد رَسُولُ الله ×35
ahmad rosululloh muhammad rosululloh 35x
Dibaca diantara dua khutbah hari Jum’at Akhir bulan Rojab, maka
dimudahkan rizqinya dan dicukupi segala kebutuhanya (Qaul Ulama’)
sumber: Kitab Mukaasyafah Al-Quluub, Al-Imam Hujjatul Islam Abi Hamid bin Muhammad Al Ghozali..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar