Jumat, 07 Desember 2012

TIK masuk Pesantren

hari ini Jum'at, 7 Desember 2012 jam 8 pagi sampai 3 hari ke depan saya dan beberapa santri yang lain dari beberapa pondok pesantren se-Malang Raya mengikuti sebuah acara "TIK masuk Pesantren" di Pondok Pesantren Anwarut Taufiq Batu yang diasuh oleh beliaunya Habib Jamal Ba'aqil.
Awal membaca surat undangan yang datang banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul, ada apa kenapa bagaimana dan seterusnya. dan alhamdulillah diawal pembukaan acara beliaunya habib Jamal, ust. Radian Sigit dari Telkom dan gus Novi dari UPN Surabaya menjelaskan sedikit bahwa pentingnya internet untuk diketahui oleh santri sebagai salah satu jalan untuk berdakwah.

Dengan pembelajaran TIK di Pondok Pesantren, maka diharapkan santri akan mempunyai bekal yang cukup dari sisi penguasaan teknologi berbasis spiritual yang sangat kuat, sehingga akan menjadi benteng yang tangguh, tahan banting dalam membentengi bangsa ini terhadap mudhorot/pengaruh jelek adanya penerapan teknologi, khususnya Internet yang sekarang sudah tidak dapat dihindari lagi merupakan bagian dalam kehidupan masyarakat Indonesia sekarang ini. Dari beberapa sebab tersebut, maka muncullah ide yang kemudian diwujudkan kedalam sebuah bentuk pelatihan TIK Masuk Pesantren, meskipun banyak sekali Pondok Pesantren yang belum memanfaatkan media teknlogi ini.
Banyak rangkaian acara yang diselenggarakan oleh pihak panitia, ada 2 kelas yang dibuka untuk para perwakilan dari pondok pesantren yang telah diundang. Kelas Social Media, dan Kelas Live Streaming. Pada kelas Social Media, materi yang telah disampaikan antara lain pemanfaatan blog atau web sebagai media dakwah, lalu Pada Live Streaming, disampaikan materi mengenai bagaimana caranya agar video live bisa dilihat diseluruh penjuru dunia melalui blog atau web masing-masing pondok pesantren.
sementara ini dulu tulisan saya (masih pembukaan acara :D)

2 komentar:

  1. sudah bagus om blognya moga bermanfaat ilmu kemari

    BalasHapus
  2. matur nuwun koment nya mas, cuman ini ngisi kontentnya yang masya Allah abote. meohon petunjuknya mas

    BalasHapus