Selasa, 20 Maret 2012

Permainan Bahasa untuk ketrampilan berbicara


Dalam pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran bahasa Arab diperlukan metode-metode yang tepat dalam PBM. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Permainan Bahasa. Permainan bahasa digunakan agar peserta didik menjadi aktif sehingga PBM menjadi hidup dan tidak membosankan.
berikut ini contoh beberapa metode pemainan bahasa untuk keterampilan berbicara, semoga membantu.

1. Berburu harta karun

Set up             : Kelompok
Waktu            : 30 – 45 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas
Materi             : Kertas dan bolpin


Deskripsi
            Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian tiap kelompok diberi lembaran kertas yang berisikan kosakata-kosakata pada tempat tertentu. Selanjutnya tugas tiap kelompok adalah mencari (minimal 5 kosakata) kosakata-kosakata baru yang tidak ada pada kertas tersebut. Sesudah waktu yang diberikan usai, tiap kelompok mengutus salah satu siswa untuk mempresentasikan temuannya didepan. Tiap anggota kelompok harus hafal dengan kosakata baru yang sudah ditemukan.
Tujuan
Melatih siswa untuk aktif mencari dan mencatat serta menghafalkan kosakata-kosakata baru yang sudah ditemukan

2. Siapa saya? Apa ini?

Set up             : Kelompok
Waktu            : 15 – 20 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas

Deskripsi
            Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian dari tiap kelompok mengutus salah satu anggotanya untuk maju ke depan. Guru memberikan kosakata - yang sudah dipelajari oleh seluruh siswa sebelumnya – dan siswa tersebut memperagakan kosakata tersebut di depan seluruh siswa. Tugas dari kelompoknya adalah menebak kosakata tersebut, dan jika tidak berhasil maka kelompok lain boleh untuk menebaknya. Bagi kelompok yang berhasil mendapatkan nilai.
Tujuan
            Melatih siswa untuk memahami lebih mendalam tentang kosakata yang telah dipelajarinya.

3. Chain reaction

Set up             : Kelompok
Waktu            : 30 – 45 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas

Deskripsi
            Guru memerintahkan seluruh siswa untuk membentuk lingkaran. Kemudian guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan kosakata, dan siswa di sampingnya menyebutkan kosakata yang diawali dengan huruf akhir dari kosakata yang diucapkan oleh siswa pertama, begitu seterusnya. Bagi siswa yang gagal maka ia keluar dari lingkaran dan siswa yang berdiri di samping siswa yang gagal memulai dengan kosakata bebas, begitu seterusnya hingga hanya tersisa satu siswa saja sebagai pemenang.
Tujuan
            Mengetahui kemampuan kosakata siswa serta kosakata-kosakata yang biasa digunakan oleh siswa.

4. 10 Pertanyaaan
Set up             : Kelompok
Waktu            : 15 – 20 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas

Deskripsi
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian dari tiap kelompok mengutus salah satu anggotanya untuk maju ke depan. Guru menulis kosakata di papan tulis dan siswa yang maju di depan menghadap ke siswa atau membelakangi papan tulis. Selanjutnya siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada teman-temannya dengan 10 pertanyaan saja yang hanya dijawab oelh mereka dengan 'ya atau tidak' saja. Sesudah ia bertanya dengan 10 pertanyaan, ia kemudian menebak apa yang tertulis di papan tulis tersebut. Jika benar, guru hendaknya memuji siswa tersebut, jika salah berilah hukuman yang menyenangkan atau menghibur, seperti menyanyi atau berjoget.

5. Binggo
Set up             : Individu
Waktu            : 20 – 30 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas
Materi             : Kertas dan bolpin

            Guru membagikan kepada tiap siswa sebuah kertas yang berisi kotak-kotak yang bertuliskan sesuatu pada tiap kotaknya. Selanjutnya guru memerintahkan kepada tiap siswa untuk mengisi tiap kotak dengan cara bertanya kepada teman lainnya yang sesuai dengna tulisan yang tertera pada tiap kotak tersebut. Jika sesuai maka siswa yang bertanya menulis nama temannya yang sesuai dengan statemen dalam kotak tersebut dan meminta untuk menandatanganinya juga. Bagi tiap kotak hanya untuk satu siswa. Setelah selesai, review bersama.

6. Suka atau tidak suka
Set up             : Kelompok
Waktu            : 15 – 20 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas

            Bentuk kelompok. Guru memulai permainan ini bertanya pada siswa 'apakah kamu suka…? / apakah dia sukaatau tidak suka ….?. sebelumnya guru menggambar tabel di papan tulis yang berisi nama siswa dan sesuatu yang disukai atau tidak disukai oleh para siswa. Sesudah tabel tersebut terisi, guru menyuruh salah satu siswa untuk menceritan tentang si A perkara apa yang disukai atau tidak/ apa perbedaan antara si A dan si B/ apa persamaan antara si C dan si D. Selanjutnya para siswa diperintahkan untuk melaksanakannya secara berkelompok.

7. Rihlah yuk!
Set up             : Bersama-sama
Waktu            : 15 – 20 menit
Tempat           : Di dalam/ di luar kelas

            Guru memulai dengan memberikan perumpamaan kepada para siswa, 10 benda apa saja yang akan mereka bawa jika mereka bepergian ke gunung. Selanjutnya pasangkan para murid menjadi dua-dua untuk memutuskan 10 benda apa saja yang penting dibawa. Selanjutnya pasangkan empat-empat, kemudian delapan-delapan begitu seterusnya hingga akhirnya tinggal menjadi menjadi 2 kelompok. Akhirnya semua kelas sepakat dengan 10 benda yang akan mereka bawa. (dialognya harus bahasa Arab).

2 komentar: